Minggu, 05 Desember 2010

Makna sumpah pemuda bagi kehidupan remaja dewasa ini

kita pemuda indonesia akan memperingati hari sumpah pemuda di mana pada hari tersebut biasanya bangsa indonesia memperingatinya dengan upacara hari sumpah pemuda dan kegiatan lainya, seperti kirab remaja nasional, perlombaan-perlombaan olahraga dan seremonial lainya. Apakah hanya cukup disitukah kita memaknai sumpah pemuda? hanya sebatas seremoni-seremoni dan hiburan yang maknanya kadang tidak membekas dihati para remaja dan pemuda itu sendiri, lalu apasih makna sumpah pemuda bagi para remaja, para pemuda dan bagi rakyat indonesia umumnya? apakah hanya sekedar upacara di sekolah-sekolah dan di instansi pemerintah.
Di dalam postingan  ini  tentu saja tidak akan dibahas sejarah sumpah pemuda karena kita semua sudah pernah belajar sejarah lahirnya sumpah pemuda. yang ingin di  tekanakan di sini adalah makna sumpah pemuda bagi kita yang terasa saat ini oleh kita masing-masing.
Makna sumpah pemuda bagi penulis dan bagi kehidupan pribadipenulis sungguh amat terasa manfaatnya terutama karana bahasa yang satu yaitu bahasa indonesia. Bisa kita bayangkan seandainya kita tidak mempunyai bahasa persatuan itu. untuk menikahi istri kita yang berbahasa lain dari kita misalkan kita jawa sedangkan istri kita berbahasa sunda betapa repotnyakita seandainya  harus belajar bahasa jawa dulu atau sunda dulu atau bahasa daerah lainya sekedar untuk menikah, lalu akan berbahasa ibu apakah ank-anak nantinya? itulah salah satu manfaat dan makna sumpah pemuda bagi penulis terutama dan bagi bangsa indonesia pada umumnya.
Dan anda para remaja pasti pernah pacaran dan belum tentu kalau pacaran kita selalu dengan orang satu daerah yang berbahasa sama dengan kita, coba bayangkan seandainya para pendahulu kita tidak mengikrarkan bahasa indonesia sebagai bahas persatuan, betapa repotnya remaja bersuku sunda jika jatuh cinta kepada orang lampung. bisa kita bayangkan betapa repotnya harus bercinta pake bahas isyarat.
Masih banyak manfaat dan arti penting sumpah pemuda bagi kita dan kalau mesti ditulis di posting ini tentu akan kepanjangan dan belum tentu menarik untuk di baca oleh karenanya penulis hanya akan membatasi tulisan ini sebatas manfaat yg benar-benar terasa oleh penulis pribadai, oleh karenany alangkah baiknya kita menuliskan arti sumpah pemuda bagi pribadai kita masing-masing sehingga kita akan tahu dan tukar pengalaman berbagi cerita atau kalau kebetulan ada yg bekunjung ke blog ini di mohon kiranya untuk memberikan komentar teantang arti sumpah pemuda bagi teman-teman sekalian.
Dan ahirnya sekali lagi  mari kita berikrar:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Dan ahirnya mari kita berpartsipasi aktif sesuai bidang kita masing-masing untuk indonesia makmur sejahtera adil dan bersih…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar